Kopi

Percikan air dari langit mulai membasahi lantai terasku, ku seduh kopi susu ku dengan perlahan. Pahit dan manisnya mengingatkanku tentang bagaimana harusnya hidup ini berjalan. Dari secangkir kopi susu ini aku mengeti bahwa tak kan ada rasa manis yang dapat terasa tanpa ada rasa pahit.

Naif

Kamu tau, tapi kamu pura-pura lupa.

Kamu tau, tapi kamu pura-pura lupa.

Kamu tau, tapi kamu pura-pura lupa.

Aku, cukup muak mendengar segala omong kosong yang dengan hati-hati serta rapi sudah kamu persiapkan.

Aku, cukup lelah menjadi selalu pemaaf disetiap salah yang dengan sadar kembali kamu lakukan.

Aku, kembali tahu bagaimana cara menghargai diriku sendiri.

Aku, kembali sadar bahwa kamu bukanlah masa depan yang baik bagiku.

Kamu, hanyalah sebercak noda kenangan pahit yang tidak lagi ingin aku sentuh.

Kamu, hanyalah masa depan yang telah gugur dan tak akan tersentuh.

Memori

Manatau tentang masa depan,

Semua yang ada didepan mataku saat ini, tak tentu kutemui lagi

Sama halnya dengan kamu, tak tentu selamanya terus begini

Katakan padaku apalagi upaya terbaik selain doa untukmu disetiap sholatku?

Ya tetap sama, aku selalu mau kamu menjadi penuntun mimpiku

Aku ingin menjadi wanita yang selalu ada saat kamu menua hingga renta

Jika hidup adalah misteri, aku mau kamu ada di setiap memori dari pagi kepagi

Wasit Sebagai Kunci Pertandingan

 

Sepakbola telah menjadi cabang olahraga yang paling menjadi sorotan diseantero bumi. Olahraga ini bisa dimainkan dan dinikmati oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun dengan cara yang amat sederhana. Bahkan, sepakbola dianggap menjadi satu Bahasa universal. Sepakbola tak lagi dianggap hanya sebagai salah satu bidang olahraga, namun juga Bahasa pemersatu yang dapat merekatkan persaudaran.Namun sayangnya, persepak bolaan di Indonesia masih jauh dibandingkan Negara-negara lain, hal ini bukan tentang skill pemainnya saja namun juga berbicara tentang “Wasit Kotor” dalam sepakbola.

Tidak dipungkiri banyak sekali kasus-kasus kericuhan sepakbola yang dilatar belakangi karena kecurangan seorang wasit, memang menjadi wasit adalah perkara sulit karena harus jeli mengamati kejadian sekaligus harus bisa mengambil keputusan yang adil dalam waktu sepersekian detik. Maka, wasit seringkali menjadi perhatian dalam setiap pertandingan.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Teknik PSIS Semarang, Setyo Agung Nugroho. Menurutnya kepemimpinan wasit juga sangat berpengaruh dalam setiap laga pertandingan. Apalagi jika dalam mempimpin laga tersebut korps berbaju hitam ini tidak tegas dan kurang fair akan berpengaruh kepada permainan kedua tim. “Saya berharap wasit dapat bersikap adil dan tegas dalam memimpin pertandingan-perandingan yang akan terjadi pada musim depan” harap Agung.

Selain adil, wasit seharusnya mampu memegang prinsipnya. Wasit tidak boleh diberi “sogokan-sogokan” dari tim-tim yang mau memenangkan pertandingan dengan cara yang tidak selayaknya dilakukan, dengan hal-hal semacam itulah yang menjadi fakto-faktor mengapa persepak bolaan Indonesia masih bisa terbilang “kotor”. Selain itu Agung juga berhatap bahwa yang terpenting wasit tidak pandang bulu, baik kepada tim tamu maupun tuan rumah sendiri dam semua keputusan dalam memimpin jangan sampai berat sebelan. Agung sendiri mengaku pernah dicurangi wasit saat ia masih menjadi manajer PSIS tahun 2006, bahkan saat itu karena ia merasa sakit hati tanpa sengaja ia sampai meneteskan air mata karena rasa kecewa, ia kecewa karena buah keringat kerja keras tim hilang hanya karena wasit yang tidak amanah.

Wasit bisa diibaratkan menjadi seorang “Tuhan” dalam setiap pertandingan, sehingga seharusnya wasit sendiri mampu melakukan tugasnya dengan amanah, jujur. Apabila suatu pertandingan dipimpin oleh wasit yang tidak becus, ada besar kemungkinan pertanadingan tersebut akan ricuh, apabila ricuh akhirnya banyak korban-korban berjatuhan.

Semoga dengan berjalannya waktu wasit-wasit di Indonesia mampu menjadi wasit-wasit yang lebih amanah, adil dan jujur. Diharap dengan PSSI mengundah berbagai pelatihan wasit dari mancanegara mampu mempengaruhi kinerja dan pola piker wasit di Indonesia sehingga dapat terbebas dari yang namanya kemerosotan moral seorang wasit yang masih mau untuk di”sogok”.

 

 

 

Ini dia 9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!

Karena rambut adalah mahkota cewek, jadi sudah seharusnya kamu tahu bagaimana caranya merawat kesehatan rambut agar tetap sehat, lembut dan berkilau. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan rambut super bagus. Model rambut yang kian beragam membuat rambut rawan rusak dan rontok.

Merawat rambut tidak harus di salon kok. Kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dan tetap mendapat hasil maksimal. Tapi gimana caranya ya? Mudah kok, berikut IDN Times rangkum 9 cara merawat rambut sehat berkilau tanpa harus pergi ke salon.

1. Memilih produk yang sesuai dengan jenis rambutmu.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!reviews.com

Kamu harus tahu jenis rambut seperti apa yang kamu miliki. Entah itu kering atau berminyak, kamu harus menyesuaikannya dengan shampoo dan conditioner yang akan kamu pakai. Memakai shampoo yang sesuai dengan rambutmu akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, juga bercabang.

2. Keramas dengan air dingin.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!diy.com

Ada berbagai macam perbincangan tentang sebaiknya keramas dilakukan dengan air apa. Keramas dengan air dingin ternyata bisa mencegah rambut rontok. Dalam bagaimana cara merawat rambut sehat, kamu harus tahu bahwa air dingin mampu membuat peredaran darah menjadi lancar. Selain air dingin mampu menjaga kekuatan akar rambut, air dingin juga bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

3. Menggunakan masker yang dibuat sendiri di rumah.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!naturalsociety.com

Kamu bisa membuat masker rambutmu. Bahannya pun termasuk mudah di dapat. Kamu tinggal memilih entah itu masker alpukat, telur, santan, buah-buahan atau lidah buaya. Sebagai contoh lidah buaya yang berfungsi membuat rambut menjadi hitam alami dan menjaga kulit kepala dari ketombe. Cara membuatnya mudah saja, yaitu mengambil dagingnya dan menggunakan secara merata pada rambut yang telah dibasahi air hangat. Kamu tinggal menunggunya meresap selama 15 menit kemudian membilasnya dengan air.

4. Menggunakan baking soda untuk mengurangi kandungan zat kimia dari produk styling kamu.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!livestrong.com

Baking soda bisa membantumu mengurangi zat kimia yang terkandung dari sisa produk styling yang baru kamu lakukan. Cara membuatnya tidak sulit sama sekali, kamu tinggal menuangkan 3 sendok makan baking soda ke dalam air yang akan kamu pakai untuk membilas rambut. Bilas rambut dengan campuran tersebut secara merata dan semuanya selesai.

5. Menyisir rambut dengan benar.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!gofeminin.de

Walau sepele, menyisir rambut ini berpengaruh juga dalam kesehatan rambut kamu, lho. Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya. Menyisir dari atas dulu akan membuat rambutmu rontok dan patah karena rambut kusut. Selain itu, sisir yang terbuat dari plastik bisa menghantarkan listrik statis dan membuat rambutmu rusak. Jadi sebaiknya kamu menghindari sisir yang bahannya plastik, ya.

6. Mengonsumsi Vitamin D.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!healthline.com

Vitamin D merupakan sumber kalsium. Jika banyak orang berpikir bahwa kalsium hanya baik untuk tulang, maka sebenarnya kalsium juga baik untuk kesehatan rambut. Saat kadar kalsium dalam tubuh berkurang, maka itu berpengaruh juga untuk kekuatan rambut sehingga membuat rambut mudah rontok. Mengonsumsi vitamin D akan membantumu mendapatkan rambut yang lebih sehat.

7. Mengonsumsi oatmeal.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!abcnews.go.com

Oats adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok. Kandungan biotin yang ada dalam oats sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kelembaban rambut. Bukan hanya untuk rambut, oats juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mengontrol tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Tidak menyisir rambut saat masih basah.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!mtv.fi

Sehabis keramas, biarkan rambutmu kering dulu sebelum menyisirnya. Menyisir rambut dalam keadaan rambut basah hanya akan membuat rambutmu rontok dan patah karena kusut.

9. Membungkusnya dengan handuk daripada menggosoknya.

9 Cara Merawat Rambut Sehat Berkilau Tanpa ke Salon, Mudah Banget!luinspa.fi

Rambut sangat rapuh saat basah, itu sebabnya dari pada menggosokkannya dengan handuk, lebih baik kamu membungkusnya dengan handuk untuk menghindari rambut patah berlebihan.

Demikianlah cara merawat rambut sehat berkilau tanpa harus kamu pergi salon. Rambut yang dirawat pasti akan berbeda dengan rambut yang tidak mendapat perawatan yang benar. Jadi, selama kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mudah, ngapain harus pergi ke salon? Kamu harus coba nih.

Sejak Kapan Kamu Ada, Pelakor?

            Dewasa ini banyak sekali pemberitaan mengenai pelakor (perebut laki orang) atau pebinor (perebut bini orang), entah itu berupa video, photo bahkan capture-an message dari sang pelakor kepada suami/istri seseorang. Mulai dari artis hingga orang biasa, ramai-ramai membagikan cerita perselingkuhan yang mereka alami sendiri di media social. Mencintai seseorang memang bukanlah suatu hal yang salah, kita boleh saja mencintai semua orang tanpa terkecuali tapi bukankah kita diajarkan untuk tidak bahagia diatas penderitaan orang lain?. Pelakor dan pebinor tidak harus selalu tentang suami atau istri,  melainkan segala sesuatu yang berhubungan tentang merebut pasangan orang lain secara sembunyi-sembunyi bahkan terang-terangan. Memang kerap kali kita hanya menyalahkan sosok orang ketiga saja, tanpa melihat apa factor-faktor yang melatar belakangi hal tersebut dapat terjadi. Kita harus ingat, sosok pelakor atau pebinor tidak akan pernah ada sendainya pasangan bisa menjaga kehormatan dan harga dirinya sendiri, ini sih bisa dibilang cuma urusan bisa jaga diri atau tidaknya pasangan kita. Seperti permainan ping pong, kisah perselingkuhan tidak akan pernah terjadi bila tidak ada umpan balik diantara keduanya, tapi jangan hanya menyalahkan pelakor/pebinor dengan pasangan yang selingkuh karena faktanya seorang professor antropolog Dr. Helen Fisher menganggap stereotip perbedaan rasio selingkuh pria-wanita sebenarnya ilusi belaka. “Men want to think women don’t cheat, and women want men to think they don’t cheat, and therefore the sexes have been playing a little psychological game with each other.”.

            Seringkali dalam presepsi kita pasti laki-laki yang memulai perselingkuhan, padahal faktanya perempuan juga punya kesempatan yang sama untuk terjerat skandal perselingkuhan. Bedanya, kaum perempuan jauh lebih tertutup soal ini. Dalam sejumlah penelitian di Ohio University seputar perbandingan statistic perselingkuhan, kaum pria dinilai lebih jujur mengungkapan perselingkuhannya sedangkan kaum wanita cenderung berhati-hati dan menutupi fakta. Namun hal itu juga tanpa sebab, jika laki-laki memilih selingkuh demi kepuasan fisik, wanita justru selingkih karena kebutuhan emosional, jadi laki-laki mulailah untuk memikirkan perasaan pasangan wanitamu karena sesungguhnya yang dibutuhkan hanyalah sebuah kasih sayang dan perhatian. Apabila sebuah pasangan dapat melengkapi satu sama lain, pasti hadirnya orang ketiga tak akan muncul. Terkadang kita tak perlu menyalahkan orang ketiga, karena seringkali masalah utamanya justru ada dihubungan itu sendiri, Dalam suatu hubungan, saat pengendalian diri tak mampu dilakukan maka tak peduli laki-laki atau perempuan keduanya bisa jadi punya kans untuk terlibat dalam hubungan terlarang. Jadi anggapan masyarakat yang selama ini selalu menganggap para suami adalah sosok yang direbut pelakor atau para istri adalah sosok yang direbut pebinor agaknya perlu sedikit diluruskan, karena saat seseorang bisa menolak pengkhinatan, segigih apapun nggak akan ada pelakor atau pebinor yang bakal diviralkan. Ya kalau viral jangan hanya sosok pelakor atau pebinor dong, sekalian saja lawan mainnya dikasih efek jera.

                       Setiap hubungan memang berisikan timbal balik, dua-duanya harus sama sama berjuang unuk menjaga hubungannya sampai ajal tiba. Kita memang tidak bisa menjaga hati pasangan kita, tapi setidaknya kita mampu mengontrol diri kita sendiri. Apa yang bisa kita lakukan? Ya, memberikan yang terbaik semampu kita. Menjadi wanita yang baik dan cerdas, tidak membebani laki-laki, tidak sedikit-sedikit bergantung. Saat kita cerdas, kita mampu melakukan semuanya dengan baik, bahkan saat kita tahu pasangan kita selingkuh, kita akan menghadapinya dengan kepala dingin, tidak berlaku murahan seperti adu mulut, adu fisik dan lainnya. Saat kita menjadi wanita yang positif, percaya padaku laki-laki akan 1000% menyesal pernah meninggalkanmu dan menyakiti hatimu.

Punya karang gigi membandel tapi males ke dokter gigi? bersihkan sendiri!

Cara menghilangkan karang gigi sendiri merupakan salah satu solusi bagi Anda yang enggan atau bahkan merasa takut pergi ke dokter gigi. Tapi bagaimana cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter? Apakah aman? Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter gigi, ada baiknya Anda mengetahui apa itu karang gigi Karang gigi atau sering sering disebut kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket, hal ini akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi.

ilustrasi karang gigi 2015 Merdeka.com/shutterstock/Lighthunter

Tidak hanya mengancam kesehatan, karang gigi akan membuat Anda tidak percaya diri atau pede. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning. Akan menjadi masalah serius jika saat berbicara dengan orang lain Anda harus menutup mulut Anda atau membuat orang lain merasa tidak nyaman karena bau mulut Anda.

Apakah Anda pernah mengalami karang gigi atau sedang mengalaminya? Merasa risih dengan situasi ini? Kenali dulu penyebabnya karang gigi.

Penyebab karang gigi

Umumnya sih, penyebab umumnya muncul karang gigi adalah karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi. Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tai mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

Karang gigi pun juga menyebabkan banyak penyakit gigi lainnya yang bahkan berbahaya. Berikut efek dari karang gigi.

  • Bau mulut. Sisa makanan yang terakumulasi dalam jangka panjang akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Gigi berlubang. Karang gigi yang tidak segera ditangani akan membuat gigi keropos. Hal ini disebabkan karang gigi mengeluarkan zat asam yang merusuk gigi. Padahal email gigi merupakan bagian terkeras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi. Setelah gigi makin keropos, gigi kemudian akan mudah untuk berlubang.
  • Radang gusi. Mulut yang kotor dapat menyebabkan gusi mudah terinfeksi sehingga gusi akan muda terinfeksi dan kemudian berdarah. Parahnya adalah kemudian saat terdapat benjolan nanah pada gusi.
  • Periodontitis. Ketika radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Dalam fase ini, gigi bahkan bisa tanggal. Tidak sampai di situ saja, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke aliran darah akan menyebabkan hal yang lebih serius lagi.

Ternyata menakutkan juga akibat yang ditimbulkan oleh karang gigi. Padahal masalahnya remeh saja, jarang membersihkan gigi dan tidak membersihkan gigi secara benar.

Anda terlanjur terbiasa tidak membersihkan gigi dengan benar dan sekarang sedang mengalami karang gigi? Anda sudah mencoba ke dokter? Takut? Mahal? Memang cara praktis untuk menghilangkan karang gigi agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah adalah dengan ke dokter. Namun selain itu, ada pula cara ampuh memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter. Cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tanpa efek samping dan tentu saja murah.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup.

ilustrasi menggosok gigi 2012 brushingyourteeth.com

Berikut adalah cara agar karang gigi Anda tidak semakin parah :

1. Rajin menggosok gigi

Anda pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, Anda juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan rata.

2. Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Agar gigi Anda bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Tidak hanya fluoride, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

3. Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tidak sembarang benang tentu saja. Namun benang khusus gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah.

4. Menggunakan mouthwash

Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

Ilustrasi mouthwash Shutterstock.com/ Andrey_Popov

5. Tidak makan sembarangan

Hal lainnya yang dapat dilakukan agar tidak memperparah karang gigi atau untuk mencegah karang gigi. Bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama ketika kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

6. Hindari atau kurang merokok

Anda pasti sudah paham bahaya merokok. Selain dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Kini Anda mengetahui cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup. Apakah Anda merasa cukup puas? Belum? Kami menyajikan pula cara menghilangkan secara alami dengan bahan-bahan alami tentu saja.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan-bahan sekitar Anda yang bisa Anda gunakan sebagai pembersih karang gigi yang alami. Berikut cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami :

7. Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah saru cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Ilustrasi baking soda 2013 Merdeka.com/Shutterstock/jordache

Anda cukup mengambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Menggunakan kulit Jeruk

Cara sederhana menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk merupakan buah dengan banyak vitamin dan nutrisi.

Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman. Esok harinya baru berkumur. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.

9. Mengonsumsi buah dan sayuran

Semua orang sudah mengetahui bahwa buah dan sayur memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat menghilangkan karang gigi, apalagi apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

10. Mengunyah daun sirih

Apakah Anda pernah mendapati nenek atau kakek atau bahkan orang tua Anda mengunyah-ngunyah sesuatu? Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

11. Mengonsumsi buah kaya vitamin C

VItamin C baik untuk kesehatan mulut Anda, oleh karena itu Anda bisa menggunakan buah-buahan yang kaya vitamin C sebagai pasta gigi.

Anda cukup menghancurkan buahnya sampai halus (Jeruk, stroberi, lemon) lalu celupkan pasta gigi dan sikat gigi seperti biasa selama 2 menit.

Ilustrasi air jeruk boldsky.com

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan memeriksakan gigi Anda secara rutin ke dokter agar karang gigi tidak kembali lagi. Semoga bermanfaat.

Pejabat HAM Desak Bosnia Berbuat Lebih Banyak bagi Para Migran #headlinenews 15 Mei

Bosnia harus berbuat lebih banyak untuk membantu para migran, seorang pejabat hak asasi manusia Eropa mengatakan, Selasa, ketika negara yang pernah dilanda perang itu berjuang untuk mengatasi arus manusia yang berusaha mencapai Eropa Barat melalui Balkan.

Dunja Mijatovic, Dewan Komisioner Eropa untuk Hak Asasi Manusia, menyatakan keprihatinan dalam sebuah surat kepada pemerintah Bosnia atas “kurangnya tanggapan sistematis” terhadap situasi, dengan migran yang tidur di tempat-tempat terbuka, di jalanan dan taman-taman di Bosnia.

Para migran telah beralih ke Bosnia dalam beberapa bulan terakhir, berusaha menghindari rute dan perbatasan yang dijaga lebih ketat di Balkan. Dari Bosnia, para migran berusaha masuk ke Kroasia, negara anggota Uni Eropa di barat laut, dan kemudian bergerak ke arah Eropa Barat.

Ratusan ribu migran memasuki Eropa melalui Balkan pada tahun 2015 sebelum negara-negara di kawasan itu menutup perbatasan masing-masing. Negara anggota UE, Hungaria, mendirikan pagar kawat berduri di perbatasannya dengan Serbia di selatan untuk menghentikan masuknya para migran.

Para migran pertama-tama tiba di Yunani setelah menyeberangi laut dari Turki. Mereka emudian bergerak ke arah Albania dan Montenegro dan kemudian ke Bosnia, sebelum melanjutkan perjalanan ke Kroasia dan Slovenia untuk mencapai negara-negara di Eropa Barat.

Antisipasi Aksi Teror, TNI AU Perketat Pengamanan Bandara Adi Soemarmo #headlinenews 14 Mei

Kejadian pengeboman di Surabaya, Jatim, 2 hari terakhir membuat bulu kuduk merinding. Mengerikan.

Untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror, TNI AU perketat pengamanan Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kol Pnb Indan Gilang, saat dihubungi, Senin (14/5/2018) mengatakan pengamanan dilakukan baik secara terbuka maupun tertutup.

“Penambahan pasukan baik terbuka maupun tertutup terjadi di bandara maupun di kawasan Lanud,” katanya.

Menurutnya, untuk jumlah pasukan yang dikerahkan masih dirahasiakan. Dirinya pun mengimbau jajarannya dan juga masyarakat selalu waspada.

“Kita sesuaikan eskalasi, yang jelas kita selalu koordinasi dengan Angkasa Pura (AP),” ujarnya.

Pejabat Humas AP I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi menambahkan bila penebalan pasukan sudah dilakukan sejak Minggu (13/5/2018).

Lebih jauh, ia katakan situasi bandara hingga sekarang normal.

Disinggung terkait sampai mana pengamanan berlangsung, menurutnya sampai waktu yang belum ditentukan.

“Yang jelas kita terus melihat situasi dan kondisi,” terangnya. (*)

SUMBWER : TRIBUN JATENG